Selasa, 24 Mei 2011

bahayanya minum minuman bersoda

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Siapa sih sekarang yang gak kenal minuman bersoda ?
Ya...minuman yang mengandung soda itu telah beredar dimana-mana mulai toko-toko kecil, sekolah, tempat umum, sampai restoran fast food semuanya tersedia . Minuman bersoda biasanya tersedia dalam kemasan botol kaca, botol plastik, sampai kemasan kaleng yang tentu saja sudah siap diminum . Kebanyakan orang lebih memilih minuman instan dari pada jus buatan sendiri .

Apakah kalian mengetahui sesungguhnya kandungan dari minuman bersoda ?
Berikut ini beberapa fakta dari minuman bersoda :
1. Di dalam minuman bersoda terdapat KAFEIN yang menyababkan bertambahnya asam lambung, kafein juga menyebabkan meningkatnya frekuensi detak jantung, naiknya tekanan darah, bertahnya gula darah, radang lambung serta usus duabelas jari .
2. Minuman bersoda mengandung zat kimia buatan yang bisa merusak otak, dan menyebabkan hilang ingatan secara bertahap.
3. Terdapat zat asam fosfor yang menyebabkan rapuh dan keretakan pada tulang dan hilangnya lapisan pelindung gigi, terutama pada usia pertumbuhan.
4. Percayakah kalian jika minuman bersoda biasanya digunakan untuk membersihkan karat pada besi dan pembersih bercak kloset ? Itu terjadi karena senyawa asam pada minuman bersoda bereaksi sangat kuat.
5. Di sebuah Universitas Delhi, India pernah mengadakan lomba "Siapa yang paling banyak minum minuman bersoda merk X". Pemenang dari lomba tersebut menghabiskan 8 kaleng yang akhirnya dia mati ditempat karena tingginya gas CO2 dalam darah . Jadi jika kita minum minuman bersoda sebenarnya kita menelan CO2
6. Satu kalengnya sama dengan 10 sendok gula, yang berakibat hancurnya Vitamin B dalam tubuh, dimana kekurangan Vitamin B mengakibatkan pusing, sulit tidur, kejang otot dll.
7. Minuman bersoda tidak memilliki manfaat, karena mengandung garam dan gula yang berlebihan, serta bahan pewarna dan pengawet yang berbahaya.
8. Larutan Calsium yang mengendap akibat mengkonsimsi minuman bersoda akan mengendap di tenggorokan, sel-sel kulit dan anggota-anggota vital yang berakibat batu ginjal.
9. Kebanyakan orang memilih mengkonsumsi minuman bersoda setelah makan . Hal yang demikian menyebabkan bermacam-macam penyakit karena enzim pencernaan kita tidak bisa bekerja dengan baik.
10. Minuman bersoda menyebabkan kerusakan pada gigi. Pernah dilakukan sebuah percobaan, sebuah gigi hilang setelah direndam ke dalam minuman bersoda selama beberapa hari, ternyata gigi tersebut sudah larut ke dalamnya.

So...masih milih minuman bersoda dari pada jus buatan sendiri ?
ooo iya, ada sedikit tips tambahan...
Cara meminum jus yang baik adalah saat meminum tahan di mulut beberapa detik atau sedikit berkumur, baru ditelan .
Hal demikian dilakukan karena supaya enzim yang ada di pencernaan kita tercampur dengan kandungan vitamin yang ada di dalam jus .

Sekian postinganku kali ini, semoga bermanfaat..
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar